Minggu, 03 Oktober 2021

Perbedaan Fisik Laki Laki dan Perempuan Beranjak Pubertas


Pubertas benar-benar merupakan proses yang keren. Banyak perubahan akan terjadi di tubuh, perasaan dan sikap pada laki-laki maupun perempuan semuanya akan mengalami pubertas pada usianya dan segala macam perubahan. Tentu saja ada perbedaan fisik laki laki dan perempuan

Kapan Pubertas Terjadi?

Umumnya pubertas pada perempuan terjadi di umur 8-13 tahun dan berhenti pada usia 18-20 tahun sedangkan pada laki-laki terjadi di usia 10-15 tahun dan berhenti di usia 20-25 tahun. Hormon yang mempengaruhi pubertas pada perempuan yaitu estrogen dan progesteron sedangkan pada pria yaitu hormon testosteron.

Perbedaan Fisik Pada Tubuh Perempuan dan Laki-laki

Membaha ke bagian dalam tubuh, bagian tubuh akan menunjukkan perbedaan fisik laki laki dan perempuan yang paling nyata dan terlihat antara pria dan wanita. Anda bisa melihat fisik tubuh setiap harinya di depan cermin dan tentunya akan terlihat jelas perbedaan setiap harinya saat masa pubertas. 

Yang pertama tentu terlihat dari massa ototnya. Pada perempuan, massa otot akan bertambah terutama yang terlihat  jelas di bagian panggul, pantat,  dan pinggang sedangkan pada pria akan bertambah di di seluruh bagian tubuh, termasuk lengan dan kaki.

Di bagian badan dan dada, payudara akan mulai tumbuh pada perempuan dan dada dan bahu akan semakin bidang pada laki-laki. Untuk leher dan suara pada perempuan juga akan terdengar lebih tinggi dan halus sedangkan pada laki-laki akan mulai tumbuh jakun membuat suaranya akan menjadi lebih berat.

Juga akan mulai tumbuh rambut dan bulu halus di area kaki, tangan, ketiak, dan kemaluan pada wanita dan pada laki-laki juga sama yaitu di ketiak, kaki, tangan, dan kemaluan namun juga akan tumbuh bulu halus di area wajah terutama menjadi janggut dan kumis. 

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa baik anak laki-laki maupun perempuan mengalami perbedaan fisik meskipun sama-sama mengalami pubertas. Bahkan usia mulai dan berhentinya pubertas juga berbeda. 

Selain perbedaan fisik laki laki dan perempuan, wanita juga akan mengalami menstruasi yaitu peluruhan indung telur yang tidak dibuahi. Ini akan menyebabkan pendarahan selama sekitar 6-7 hari pada wanita. Inilah mengapa pembalut seperti Charm diciptakan untuk membantu para wanita yang sedang mengalami menstruasi. 

0 komentar:

Posting Komentar