Sabtu, 11 September 2021

Review Kelebihan dan Kekurangan HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX


Setelah beberapa waktu lalu mengulas Pavilion Gaming 15-DK1064TX, kini kami kembali kehadiran varian lain Pavilion Gaming 15. Varian yang akan kami ulas berikut adalah Pavilion Gaming 15-dk1041TX. Bedanya, ada di spesifikasi. HP Pavilion Gaming 15-DK1064TX membawa konfigurasi Intel Core i5 10th Gen dengan GPU Nvidia RTX 2060. Sementara, HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX dengan Intel Core i7 10th gen dan GPU Nvidia GeForce GTX 1650. Penasaran bagaimana performa? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX

Di sektor desain HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX dan HP Pavilion Gaming 15-DK1064TX masih hadir dengan desain yang sama persis. Port konektivitas yang dibawanya pun masih sama.

Secara keseluruhan memang desain minimalis HP laptop gaming 15 cukup menarik. Penempatan port konektivitas yang dibawanya juga amat baik karena mudah dijangkau dan tidak menggangu satu sama lain. Port konektivitasnya pun tergolong komplit di kelasnya.

Di sisi kanan terdapat jack audio, dua port USB 3.1 Gen 1 Type-A dan port untuk power adapter. Sementara di sisi kiri tersedia port HDMI, USB 3.1 Gen 1 Type-A, RJ45, USB 3.1 Gen 2 type-C dan slot kartu memori SD.

Keyboard yang dibawanya pun sama. Kami tetap menemukan keyboard full size dan area trackpad mouse berukuran besar. Keyboardnya sangat nyaman digunakan. Untuk mengetik di kondisi temaram juga hadir lampu backlit berwarna hijau yang bisa diatur tingkat kecerahannya. Area trackpad mousenya juga sangat responsif dengan sentuhan jari. Tombol klik kiri dan kanan mouse meski dirancang menyatu dengan trackpad tetap nyaman saat ditekan.

Layar HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX

Masuk ke sektor layar, HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX tetap mempertahankan layar 144 Hz yang dibawa Pavilion Gaming 15-DK1064TX. Panel layar IPS 15.6 inci tersebut resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel.

Untuk gaming dengan layar Full HD dan refresh rate 144 Hz menurut kami layarnya sudah lebih dari cukup. Visual saat sesi gaming bisa terlihat lebih mulus. Sangat nyaman untuk game-game dengan genre balap atau FPS. Warna pada layarnya pun cukup baik. Jadi, masih ideal juga untuk menikmati konten multimedia. Bagi para konten kreator yang tidak terlalu mementingkan akurasi warna, layarnya ini masih tetap bisa diandalkan. Walau begitu, perlu dicata layarnya ini masih belum mendukung gamut warna sRGB 100%.

Di sektor audio, kami juga masih menemukan speaker dari pabrikan Bang & Olufsen. Suara yang dihasilkan speakernya tetap lantang dan bertenaga. Fitur B&O Audio Control juga masih tersedia untuk mendongkrak performa suara.

Performa HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX

HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX membawa spesifikasi Intel Core i7-10750H dan GPU Nvidia GeForce GTX 1650. GPU Nvidia GTX ini memang kelasnya di bawah Nvidia RTX yang ada di Pavilion Gaming 15-DK1064TX. Tapi, di sektor CPU Pavilion Gaming 15-DK1041TX unggul dengan Intel Core i7. Hasil benchmarknya sebagai berikut.

Secara keseluruhan performanya cukup memuaskan. Kebutuhan komputasi sehari-hari seperti mengolah dokumen dan browsing sudah lebih dari mencukupi. Untuk kebutuhan membuat konten menyunting foto dan video juga masih memadai.

Performa gamingnya juga lumayan. Setidaknya masih bisa diandalkan untuk gaming AAA. Beberapa judul game seperti Rise of Tomb Raider, Red Dead Redemption 2, Deatstranding tetap bisa berjalan cukup lancar di pengaturan grafis medium hingga high. Untuk game-game FPS yang tidak terlalu haus grafis seperti Valorant di pengaturan high masih bisa didapat fps rata-rata 117 FPS dan Apex Legends di kisaran 66.5 FPS.

Satu daya tarik dari HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX adalah ruang penyimpanannya yang sangat lapang. Laptop ini membawa HDD 1TB dan SSD PCIe NVMe yang kapasitasnya 256GB. Ruang penyimpanannya yang sangat besar ini jelas menjadikannya sangat ideal untuk kebutuhan penciptaan konten dan gaming. Jadi, tidak perlu khawatir ruang penyimpanan akan cepat habis meningat ukuran file foto, video dan game yang ukurannya saat ini sangat besar. Sektor RAM juga masih bisa diupgrade dengan tersedianya satu slot RAM kosong. Jadi, performanya masih bisa ditingkatkan.

Manajemen thermalnya juga masih sama seperti pendahulunya. Meski kinerja kipas agak sedikit bising saat penggunaan intens dan permukaan area keyboard terasa sedikit hangat, sistem pendinginnya cukup optimal untuk menjaga suhu dan performa tetap stabil.

Baterai HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX

Daya tahan baterainyan cukup memuaskan. Dengan tingkat gelap terang layar 30%, menyalakan opsi battery saver, terhubung ke WiFi, mengetik sambil browsing dan sesekali memutar video baterainya bisa bertahan hingga sekitar 7 jam.

Kesimpulan

Lewat Pavilion Gaming 15, HP menjawab kebutuhan gamer mainstream dengan menawarkan pilihan spesifikasi yang sangat beragam. Harganya pun tetap bersahabat. Memadukan performa Intel Core i7 10th Gen dan Nvidia GTX 1650 4GB, HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX, memang tidak menawarkan performa gaming kelas atas yang superior. Kendati demikian, performanya secara keseluruhan cukup memadai untuk gaming kasual dan game-game kelas kompetisi hingga penciptaan konten. Dengan harga jual 15 jutaan, panel layar Full HD 144Hz dan ruang penyimpanannya yang menggabungkan HDD 1TB dan SSD PCIe NVME 256GB sangat menarik di kelas harganya. Ini menjadikan HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX wajib dilirik untuk gamer atau konten kreator dengan dana terbatas yang mengincar laptop dengan ruang penyimpanan besar, layar dengan refresh rate 144Hz dan performa yang lumayan.

Kelebihan HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX

  • Performa cukup bertenaga untuk gaming dan membuat konten
  • Ruang penyimpanan sangat besar
  • RAM bisa diupgrade
  • Layar 144Hz
  • WiFi 6
  • Keyboard nyaman digunakan

Kekurangan HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX

  • Sistem pendingin agak berisik
  • Layar belum mendukung 100% sRGB
  • Omen Gaming Hub tidak menawarkan fitur pengaturan performa

HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX ideal untuk: Gamer dengan dana terbatas, gamer yang doyan game FPS, konten kreator pemula yang tidak terlalu mementingkan akurasi warna pada layar, pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran yang sesekali masih doyan gaming.

HP Pavilion Gaming 15-dk1041TX kurang ideal untuk: Pebisnis, gamer hardcore, gamer profesional, konten kreator profesional, gamer pecinta RGB. 

0 komentar:

Posting Komentar