Sabtu, 21 Agustus 2021

Tips Transaksi Aman Dengan Produk Digital Banking


Kehadiran beragam produk digital banking memang memberikan kemudahan yang lebih perihal transaksi. Ya, dengan digital banking, transaksi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa terbatas ruang dan waktu. Tidak hanya itu, digital banking juga memudahkan nasabah yang cenderung tidak terbiasa membawa uang cash dalam jumlah yang besar.

Meskipun secara umum memberikan kemudahan, namun keamanan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan lebih. Pasalnya, ada cukup banyak kasus pembobolan akun yang tentu saja mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit bagi para nasabah.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tips transaksi aman dengan menggunakan digital banking guna mengantisipasi adanya penipuan. Apa saja tips yang perlu diperhatikan? Simak ulasan selengkapnya!

Tips Aman Menggunakan Produk Digital Banking

Berbincang tentang transaksi aman menggunakan produk digital banking, ada beberapa tips mendasar yang bisa Anda terapkan. Dengan tips tersebut, tentu risiko terjadinya masalah pada transaksi pun akan cenderung minimal.

Nah, beberapa tips yang perlu diperhatikan terkait transaksi dengan digital banking adalah sebagai berikut:

1. Mengganti password secara berkala

Salah satu cara agar transaksi dengan digital banking senantiasa aman adalah dengan mengganti password aplikasi secara berkala. Ini adalah tips yang sangat disarankan agar nantinya akun yang Anda gunakan tidak mudah untuk dilacak. 

Nah, terkait penggantian password ini, ganti password aplikasi digital banking yang Anda gunakan setiap 45 hingga 60 hari sekali. Periode ini bisa dikatakan adalah masa yang tepat. 

Selain itu, pastikan jika Anda membuat password baru yang kuat. Salah satu saran yang bisa diaplikasikan untuk membuat password yang kuat adalah dengan menggunakan kombinasi abjad dan angka. Juga, hindari membuat password dengan tanggal lahir, nomor telepon, nomor registrasi kendaraan atau lainnya.

2. Pantau rekening secara teratur

Hal lain yang juga penting dilakukan untuk memastikan transaksi dengan produk digital banking relatif aman adalah dengan memantau rekening secara teratur. Langkah ini tentu saja juga sangat tepat untuk dilakukan.

Pemantauan teratur bisa menjadi salah satu strategi untuk melakukan antisipasi jika terjadi perubahan yang cenderung merugikan. Nah, jika Anda merasa ada hal yang aneh dari rekening dan Anda tidak merasa melakukan transaksi, maka segera lakukan konfirmasi pada pihak bank agar proses tersebut bisa segera dilakukan.

3. Menjaga aplikasi tetap up to date

Sebagaimana aplikasi smartphone pada umumnya, aplikasi digital banking pun nantinya akan memerlukan proses update secara berkala. Nah, untuk memastikan transaksi Anda aman, maka ada baiknya jika Anda senantiasa menjaga aplikasi tersebut tetap up to date.

Dengan melakukan update secara berkala, tentu fitur terbaru dari digital banking yang tersedia bisa digunakan. Selain itu, aplikasi yang diperbarui secara teratur juga akan memberikan kemudahan dalam penggunaan dan bebas dari masalah yang merugikan, seperti transaksi yang tertunda dan lainnya.

4. Hindari menanggapi email yang tidak jelas

Salah satu bentuk penipuan yang marak terjadi terkait penggunaan digital banking adalah email yang tidak jelas. Oknum penipuan secara umum akan mengirimkan pesan berisi link tertentu yang mengatasnamakan digital banking yang Anda gunakan. Nah, jika Anda mengklik link tersebut, bisa jadi akun digital banking Anda akan diambil alih dan dikuras.

Oleh karenanya, Anda harus berhati-hati dengan pesan tersebut. Hindari menanggapi email yang tidak jelas dan jika diperlukan, segera hapus serta blok pengirim tersebut agar tidak ada masalah di kemudian hari. Selain itu, Anda juga bisa melakukan konfirmasi pada pihak bank jika mendapatkan pemberitahuan yang tidak dipahami.

Nah, beberapa tips di atas bisa menjadi petunjuk untuk menjaga keamanan saat menggunakan produk digital banking. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar