Jumat, 20 Agustus 2021

Hal yang Tidak Boleh Dibersihkan Dengan Sabun Cuci Piring


Sesuai namanya, sabun cuci piring merupakan produk yang bisa diandalkan untuk membersihkan kotoran dan lemak yang menempel pada piring serta perabotan dapur lainnya. Ya, produk ini memiliki kandungan khusus yang bisa melunturkan lemak dan membuat perabotan tampak bersih serta lebih terjaga.

Namun, tidak dimungkiri bahwa beberapa orang sering menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan hal lainnya. Perlu diketahui bahwa dalam beberapa pembahasan, ada beberapa hal yang sebenarnya tidak boleh dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring.

Apa saja hal yang dimaksud tersebut? Simak beberapa ulasan berikut!

Ragam Hal yang Tidak Boleh Dibersihkan Dengan Sabun Cuci Piring

Pemahaman tentang beberapa hal yang tidak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring merupakan hal yang cukup penting. Dengan pemahaman ini tentu saja nantinya Anda bisa terhindar dari masalah dan efek negatif yang mungkin terjadi.

Nah, beberapa hal yang tidak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Wajan besi

Mungkin tanpa disadari Anda adalah salah satu orang yang beranggapan bahwa mencuci wajan besi dengan sabun cuci piring adalah hal yang wajar saja. Faktanya, Anda tidak disarankan untuk menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan wajan besi dan cenderung disarankan untuk menggunakan air garam.

Salah satu alasannya adalah besi bisa bereaksi dengan sabun cuci piring. Tanpa disadari, reaksi yang terjadi tersebut nantinya akan berdampak buruk pada tubuh terutama ketika Anda menggunakan wajan tersebut untuk memasak.

2. Teko kopi 

Apakah Anda sering membuat kopi di rumah? Nah, jika ya, maka Anda sebaiknya berhati-hati ketika hendak mencuci teko kopi setelah membuat kopi kesukaan. Pasalnya, teko kopi juga termasuk salah satu hal yang sebaiknya tidak dicuci dengan menggunakan sabun cuci piring.

Perlu diketahui bahwa kebiasaan mencuci teko kopi dengan sabun cuci piring nantinya akan mengikis lapisan teko tersebut. Selain membuat teko kopi cenderung tidak awet, kikisan teko nantinya akan mempengaruhi rasa dari kopi yang dihasilkan. Nah, daripada menggunakan sabun cuci piring, ada baiknya jika Anda menggunakan air biasa saja.

3. Mobil

Tidak sedikit pemilik mobil menggunakan sabun cuci piring sebagai bahan untuk mencuci mobil mereka. Selain mampu mengeluarkan busa yang banyak untuk memudahkan mencuci body mobil, alasan lain yang sering dikemukakan adalah bahwa sabun cuci piring memiliki aroma yang cukup khas.

Padahal, sabun cuci piring bisa berdampak buruk pada cat mobil. Sekilas, memang cat mobil terlihat kuat, namun jika Anda mencuci mobil terlalu sering dengan sabun cuci piring, maka cat dari body mobil tersebut akan cenderung lebih mudah terkelupas. Oleh karenanya, Anda sebaiknya menggunakan sabun khusus mencuci mobil.

4. Benda berbahan kulit

Benda lain yang tidak bisa dicuci dengan sabun cuci piring adalah aneka benda yang berbahan dasar kulit, seperti sepatu, jaket dan lainnya. Beberapa orang mungkin beralasan sabun cuci piring mampu mengeluarkan busa yang banyak sehingga bisa membersihkan benda berbahan kulit dengan maksimal.

Sayangnya, hal tersebut merupakan keyakinan yang salah. Produk sabun cuci piring memiliki campuran bahan kimia dalam pembuatannya. Nah, bahan kimia inilah yang nantinya akan bereaksi pada bahan kulit dan membuatnya cenderung rentan rusak serta robek.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang sebaiknya tidak dicuci dengan sabun cuci piring agar tidak menimbulkan masalah. Gunakan sabun cuci piring sesuai penggunaannya dan pilih produk yang tepat untuk manfaat yang maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar