Senin, 23 Agustus 2021

Apa Sih Fungsi Dan Bahan Baku Sabun Cuci Piring?


Berbicara tentang Sabun cuci piring dan bagaimana mengusahakannya tentunya tidak akan terlepas dari fungsi dari sabun itu sendiri. Nah sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat dan memperjual belikannya maka kita akan membahas fungsinya terlebih dahulu. Ada beberapa fungsi dari sabun pencuci barang kebutuhan dapur yang harus anda ketahui. Selain fungsi dari sabun pencuci piring tersebut anda juga harus mengetahui bahan baku yang biasa digunakan dalam pembuatan sabun pencuci piring tersebut sehingga anda dapat mengenal dengan baik sabun yang akan anda buat tersebut.

Yang pertama terkait dengan fungsinya, Sabun cuci piring merupakan cairan kental bening berwarna yang berfungsi untuk membersihkan berbagai macam peralatan makan seperti piring, gelas, sendok dan garpu serta berbagai macam peralatan dapur pada umumnya. Pada umunya sendiri sabun tersebut terdiri dari 3 bentuk yakni bubuk atau serbuk, pasta dan cairan. 

Produk sabun curah pencuci perlengkapan memasak dalam bentuk bubuk agak kurang dikenal oleh masyakarat meskipun juga dijual di swalayan ataupun supermarket. Produk kedua berbentuk pasta atau lebih dikenal di masyarakat dengan nama sabun colek yang cukup digandrungi oleh banyak ibu-ibu rumah tangga. Nah, produk ketiga berbentuk cairan kental dimana produk ini paling banyak dipakai oleh masyarakat. Produk ketiga ini yang berupa cairan menjadikannya lebih praktis dan mudah digunakan serta mempunyai aroma khas yang menjadikannya mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan bentuk produk pencuci piring yang lainnya.

Yang kedua adalah bahan baku, bahan baku dari sabun pencuci piring itu sendiri sebenarnya sangatlah mudah. Pada dasarnya bahannya cukup banyak yang dipakai dalam pembuatannya namun bahan-bahan yang akan kami sebutkan ini adalah jenis bahan baku yang mudah didapatkan dengan harga yang relative lebih murah jika dibandingkan dengan bahan lainnya. 

Pertama yakni LABS (Linier Alkyl Benzene Sulfonate) dimana bahan ini adalah bahan inti yang wajib digunakan dalam pembuatan sabun pencuci piring. Bentuk dari bahan ini adalah cairan coklat muda yang sedikit lengket dan licin. Bahan LABS ini juga sangat mudah terurai oleh tanah sehingga sangat ramah lingkungan. Yang kedua aalah Kaustik (NaOH) yakni lempengan tipis kecil yang biasa disebut flake. Dalam pembuatan larutan kaustik ini factor keselamatan sangat harus diperhatikan mengingat bahan ini cukup keras. Wadah yang digunakan juga jangan yang berbahan logam karena akan dengan mudah larut. Yang ketiga Emal-70 merupakan bahan bening berbentuk pasta yang berfungsi untuk menambah busa serta memberikan kesan lembut ditangan. 

Yang keempat adalah larutan Arinsoft dimana bahan ini meruapakan bahan yang kita buat sendiri dengan mencampur larutan kaustik, air dan LABS dengan perbandingan tertentu. Bahan kelima yakni garam, pemberian garam dalam proses ini untuk menambah kekentalan produk meski sedikit menurunkan kejernihan produk itu sendiri. Bahan yang keenam yakni zat pewarna, sebagai bahan pembuatan sabun pencuci piring warna yang sering digunakan adalam warna hijau dan kuningakan tetapi anda juga dapat menggunakan warna yang lainnya. Bahan yang terakhir adalah parfum. Nah bahan parfum yang sering digunakan adalah jeruk karena jeruk dapat menghilangkan bau sisa makanan yang terdapat pada peralatan makan dan memasak. 

Setelah mengatahui bahan baku dari cara pembuatan dari Sabun cuci piring tersebut maka anda dapat dengan mudah memberikan penjelasan kepada calon pelanggan bahwa bahan yang anda gunakan sangat ramah lingkungan dan mampu meyakinkan calon pelanggan anda agar mau membeli produk yang anda tawarkan. Untuk mendapatkan sabun yang berkualitas ya hanya di di blibli.com.

0 komentar:

Posting Komentar