Selasa, 27 Juli 2021

Panasonic Rilis Dua Kamera Mirrorless Baru, Lumix GX8 dan Lumix G7


Pada tanggal 16 Oktober kemarin, Panasonic merilis dua kamera terbarunya, yaitu Panasonic Lumix GX8 dan G7.

Kedua kamera yang juga dirilis pada saat acara Indonesia Filmares tersebut merupakan kamera Digital Single Lens Mirrorless (DLSM) yang telah dilengkapi dengan teknologi Dual Image Stabilizer. Tidak hanya itu, keduanya juga merupakan kamera yang akan melengkapi jajaran produk kamera 4K milik Panasonic.

Hadirnya dua kamera ini membuktikan bahwa Panasonic akan lebih memfokuskan diri ke ranah kamera mirrorless yang memang tengah banyak diminati oleh masyarakat. Hal yang sama diungkapkan langsung oleh Yasunori Takase, Marketing Director Panasonic Gobel Indonesia. Dalam sambutannya, ia sempat mengatakan bahwa pasar kamera compact dan DSLR cenderung menurun, tetapi pasar kamera mirrorless cenderung meningkat. Peluang pasar tersebutlah yang sepertinya ingin dimanfaatkan oleh Panasonic dengan menghadirkan dua kamera terbarunya kali ini.

Kamera Lumix GX8 merupakan kamera mirrorless penerus dari Lumix GX7. Kamera unggulan Panasonic ini adalah kamera yang difokuskan untuk pengambilan video beresolusi 4K dan mampu mengambil foto dari cuplikan video yang diambilnya. Kemampuan unik tersebut membuat penggunanya mampu mengambil gambar pada saat momen yang tepat. Kamera ini juga telah dilengkapi dengan teknologi Dual Image Stabilizer sehingga mampu mencegah gambar bergoyang saat melakukan perekaman.

Sementara itu, resolusi dari kamera Lumix GX8 telah ditingkatkan dari 16 megapixel menjadi 20,3 megapixel. Kamera ini juga telah dilengkapi dengan sensor khusus yang memiliki ISO25600 sehingga penggunanya dapat mengambil gambar dalam keadaan low-light secara lebih leluasa. Panasonic juga mengklaim bahwa kamera yang juga telah dilengkapi oleh WiFi dan NFC ini telah memiliki sistem noise reduction yang lebih baik dari sebelumnya untuk mengakomodasi pengambilan gambar dengan ISO tinggi.

Melirik saudaranya, Lumix G7 merupakan kamera mirrorless yang satu tingkat di bawah Lumix GX8. Kamera ini masih menggunakan sensor Digital Live MOS dengan resolusi 16 megapixel. Meskipun demikian, kamera ini telah dilengkapi dengan teknologi DFD (Depth From Defocus) yang diklaim mampu memperpendek waktu pengaturan fokus. Kamera ini juga telah mampu merekam video dengan resolusi 4K.

Untuk harganya, Panasonic membanderol kamera Lumix GX8 dengan harga Rp15.999.000 (tanpa lensa). Sedangkan untuk Lumix G7, Panasonic membanderolnya dengan harga Rp11.000.000 (dengan lensa kit).

0 komentar:

Posting Komentar