Senin, 07 Desember 2020

5 Fitur Canggih Skuter Xiaomi, Apa Saja?


Xiaomi baru saja memperkenalkan sebuah kendaraan listrik anyar besutannya. Sebuah skuter Xiaomi listrik yang diberi nama Mi Electric Scooter ini merupakan bagian dari platform pendanaan asal Tiongkok, MIJIA. 

Untuk sekarang, skuter yang dibanderol dengan harga 1.999 yuan atau sekitar Rp 3,8 juta ini baru tersedia di pasar Tiongkok. Belum dapat dipastikan Xiaomi bakal menghadirkan kendaraan listrik ini ke pasar negara lain. 

Kendati demikian, menarik untuk sedikit membahas fitur utama dari skuter listrik ini. Karenanya, berikut ini adalah 5 fitur unggulan dari Mi Electric Scooter. 

1. Desain yang ringkas

Salah satu nilai utama dari skuter listrik terbaru dari Xiaomi adalah desainnya yang ringkas dan bisa dilipat. Memiliki berat hanya 12,5 kg, skuter ini jelas sangat mudah dibawa ke mana-mana. 

Selain itu, desain skuter yang bisa dilipat sangat membantu pengguna dengan mobilitas tinggi. Xiaomi mengklaim waktu yang dibutuhkan untuk melipat skuter ini tak lebih dari 3 detik.

2. Kehadiran teknologi Kinetic Energy Recovery System (KERS)

Skuter listrik ini sudah dibekali dengan Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang disebut dapat membantu pengguna. Jadi, sistem ini akan otomatis mengubah energi gerak (ketika skuter dijalankan secara manual) menjadi energi listrik.

Energi itu kemudian akan dikembalikan untuk menambah daya baterai pada skuter. Untuk melakukannya, pengguna cukup melakukan pengaturan langsung dari aplikasi yang tersedia, sesuai dengan kebutuhan.

3. Sistem pengereman mumpuni

Meskipun hanya skuter, Xiaomi ternyata membekali Mi Scooter Electric dengan sistem pengereman yang terbilang baik. Perusahaan itu membekali skuter ini dengan fitur pengereman ganda.

Roda depan skuter menggunakan E-ABS anti-lock system yang mampu memberhentikan kendaraan dalam jarak 4 meter. Sementara roda belakang memakai pengereman cakram mekanis.

4. Ketersediaan aplikasi smartphone

Sama seperti kendaraan pintar lain dari Xiaomi, skuter ini juga dibekali dengan aplikasi pendukung. Lewat aplikasi yang dipasang di smartphone, pengguna dapat memonitor kondisi skuter secara langsung.

Adapun informasi yang ditampilkan melalui aplikasi adalah kecepatan kendaraan, kapasitas baterai, ketahan baterai, dan lainnya. Pengguna juga dapat melakukan pembaruan firmware Mi Electric Scooter dari aplikasi tersebut.

5. Dukungan aksesoris tambahan

Xiaomi tetap membekali skuter ini dengan sejumlah aksesoris tambahan, seperti lampu yang dapat mendukung kebutuhan pengguna. Lampu depan skuter ini memiliki jarak penerangan hingga 6 meter.

Sementara bagian belakang ada lampu peringatan berwarna merah, dan sejumlah lampu LED sebagai indikator daya. Xiaomi juga membekali skuter ini dengan fitur cruise control, yang memungkinkan kendaraan ini berjalan secar otomatis dalam kecepatan tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar