Rabu, 23 September 2020

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Ekspor


Tertarik memasarkan produk ke pasar luar negeri? Anda bisa memulai mempelajari syarat dasar ekspor. Sembari mempelajari hal-hal dasar perdagangan ekspor impor, mulailah juga mencari jasa ekspor atau jasa kirim luar negeri. Pastikan jasa pengiriman sesuai dengan pasar negara mana yang akan Anda tuju. 

Syarat Dasar Perdagangan Ekspor 

Syarat pasar ekspor sedikit berbeda dengan pasar dalam negeri. Salah satu perbedaannya adalah kepengurusan dokumen yang cukup rumit. Meski demikian, dokumen-dokumen tersebut juga berfungsi sebagai pencegah adanya penipuan, serta menjamin bahwa eksportir adalah pihak yang dapat dipercaya. 

Berikut adalah beberapa syarat dasar sebelum Anda melakukan ekspor: 

1. Memiliki Standar Kualitas Barang atau Komoditas

Pasar luar negeri memiliki standar sendiri. Oleh karena itu, eksportir harus menyediakan barang atau komoditas yang menarik dan juga memiliki standar ekspor untuk dijual ke luar negeri. 

Untuk barang-barang seperti kerajinan, misalnya, barang seharusnya memiliki kualitas yang baik agar tidak mudah rusak ketika sampai di negara tujuan. Begitu pula dengan makanan. 

2. Mengetahui Data Barang atau Komoditas

Kualitas barang sudah didapatkan, saatnya mengetahui segala data mengenai barang yang akan dikirim. Baik eksportir maupun importir harus mengetahui data barang atau komoditas akan yang akan diperjual belikan. 

Data itu mulai dari jenis barang, ukuran dan berat, dan juga status barang tersebut. Setiap negara memiliki kebijakan sendiri-sendiri dalam menerima barang atau komoditas dari luar negeri. Oleh karena itu, Anda harus memahami komoditas apa saja yang terbatas dan juga terlarang. 

3. Strategi Pengiriman Produk 

Syarat dasar berikutnya adalah mencari tahu bagaimana produk tersebut akan dikirim. Hal ini juga termasuk kesepakatan dari importir dan eksportir mengenai tanggung jawab pengiriman. 

Memilih jalur pengiriman komoditas juga perlu. Pelajarilah jalur mana yang cocok untuk produk Anda. Anda juga bisa mempelajari jasa kirim ekspor atau jasa kirim luar negeri yang berkualitas sesuai dengan negara yang dituju. 

Strategi pengiriman produk ini juga termasuk bagaimana produk atau komoditas dikemas sesuai dengan standar ekspor dan pabean. 

4. Menjalin Jaringan Sesama Eksportir dan Importir 

Dalam dunia perdagangan, jaringan yang luas juga termasuk salah satu hal yang penting. Jaringan antara eksportir dan importir akan membuka peluang baru dalam memasarkan produk lebih luas lagi. 

Jaringan ini bisa jadi membantu Anda dalam menemui kesulitan dan juga menjadi tempat bertukar pengalaman sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama. Berjejaring akan menguntungkan sesama eksportir dan importir dalam perdagangan. 

5. Harga yang Kompetitif 

Harga kompetitif bukan berarti Anda harus memasang tarif yang lebih murah dari pesaing. Tetapi, Anda bisa memberikan kualitas terbaik dengan harga yang lebih pantas dari kompetitor. Dengan harga yang kompetitif tersebut, maka end user, konsumen, atau pengguna komoditas akan mempertimbangkan lebih baik. 

Perdagangan ekspor bukan hal yang tidak mungkin untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM). Justru mungkin pasar yang Anda cari adalah di luar negeri. Oleh karena itu, pelajarilah syarat ekspor barang dan juga memilih jasa kirim ekspor atau jasa kirim luar negeri yang tepat agar perdagangan lebih meluas. 

0 komentar:

Posting Komentar